RAME RAME BUAT BONEKA TEMPEL DARI KAIN FLANEL (FELT) YUUUK……!!! ^_^

Tertarikkk mau buat boneka dari kain Felt?? Seruu loh klo mo di coba. Alat yang dipake dikit, kalau blum punya, diluaran byk  kok yang jual dan relatif murah, ga mahal2 bgt. Pluss nya lagi, klo punya otak bisnis (wekekekekek) bisa dijadiin usaha kecil2an juga, kayak waktu jaman gw kuliah…. Boneka itu gw jual, dan saking byk pesenan, gw ampe baru bisa tidur jam 12 malem tiap hari, pulang kuliah lsg buat boneka…. Dalam sehari, gw bisa buat sampe dgn 20 buah boneka ^_____^ dgn kualitas bagus lho (artinya, jaitan dan polanya ga dibuat asal jadi).

Jeleknya, gw jadi ga punya waktu buat hil hil lainnya kayak nonton tv, jalan ke mol, baca majalah, ampe makan aja kadang2 suka lupa….

Dan karna berasa capek ndiri, akhirnya gw stop jualan, lagian gw juga ga rela keilangan waktu buat kegiatan laennya. Padahal untung yang bisa gw dapet waktu itu hampir 200% tiap hari :-P lumayan bgt ya!

Okehhh deee, mulai dari bahannya ya, kira-kira ini yang musti lo punya :

  1. KAIN FELT DGN BERBAGAI WARNA : kalau dimangga dua, kita ga bisa beli ukuran kecil harus beli dalam ukuran besar (meter-an), koleksi warna nya juga lengkap dan harga jauhhhhhh lebih murah dibanding lo beli di gramedia (ukuran A4, Rp.4000). Nahhhh sayangnya, kain felt yang dijual murah (local) mutu dan kualitasnya juga begitu deeehh… hehehe local juga. Kalau dibanding kain felt Jepang, wahhhh pilihan warna bisa beraneka ragam gradasi dan seratnya lebih bagus begitu juga dgn harganya, buagusss bgt, untuk uk. 20×20 cm, Rp.4700,-20032009968
  2. GUNTING KAIN/BAHAN DGN UJUNG LANCIP : ga ada merk khusus, gw juga pake merk yang local tapi hasilnya oke kok. Sebaiknya, gunting bahan ini jangan dicampur untuk menggunting kertas ato lainnya selain bahan/kain, coz nanti ketajamannya jadi berkurang. Btw sengaja gw pilih gunting ujung lancip maksudnya biar nanti pada saat menggunting kain bisa sampe ke sudut2 kecil.200320099671
  3. GUNTING KERTAS (GUNTING BIASA) : untuk menggunting pola di kertas
  4. LEM : merk apa ajah yang penting ga ninggalin warna/bekas, selama ini gw pilih lem UHU. 20032009969
  5. BENANG SULAM : buat jahit mata dan mulut
  6. JARUM JAHIT : yang ukuran kecil ajah ya bu, kan bonekanya juga ukuran kecil ^_^
  7. MUTIARA PLASTIK : ukuran kecil untuk mata boneka, dimangga 2 byk bgt, klo males ke mangga dua, coba lo inget2 kalung nyokap di lemari, hehehe ada yang pake manik2 item gakkk??? Embattt aje :-p
  8. CRAYON : untuk ngewarnain semu-semu merah di pipi boneka
  9. PULPEN WARNA PERAK (PULPEN TINTA) untuk gambar pola di kain
  10. Btw jangan lupa beli buku untuk mencontoh kreasi/karakter yang mau kita buat. Buku local ajah, lebih murahhh sek. 28 ribu – 35 ribuan lahh klo di gramed. Klo mo lebih murah lagi, pinjem punya temen ajah trus lo copy deew :-P2003200997020032009959

Boneka-boneka yang gw attach fotonya ini, bener2 ga perlu di jait pinggiran kainnya, proses menjahit hanya diperlukan ketika lo mo pasang mata dan bentuk mulut ajah. Yang lainnya Cuma modal tempel pake lem. Nahhh berikut ini tips gw supaya suksyeess :

  1. Untuk buat boneka yang bagus, lo musti dalam keadaan/mood  yg bagus juga…. Percaya ato gak…. Itu ada efeknya looo, jgn lupa sediain waktu luang yang agak panjang, biar tenang bikinnya ga dirusuhin anak minta susu, dll
  2. Awalnya, jangan keburu napsu klo liat contoh bonekanya, lo perhatiin dulu bener2…. Klo blom pernah buat ato ga terbiasa buat ketrampilan, gw saranin jangan ambil model yg susye2, dolo ntar hidup lo ikutan jadi syusye kayak  dewi persik hehehe pilih yang gampang2 ajah…. ^__^
  3. Btw, klo buat gw, kebersihan kain itu nomor 1, jadi untuk bikin polanya, gw lakuin beberapa hal khusus supaya hasil jadinya juga rapih (sengaja gw ga ikutin cara seperti yang dibuku memakai karbon, bikin kotor kain klo gw bilang), jdi gini caranya :
    • Copy pola dari buku (pake mesin foto copy)
    • Gunting pola
    • Jiplak pola lsg di kain, gambar dgn tinta perak
    • Potong kain sedikit dibawah garis supaya tinta tidak ikut tergunting.
  4. Nahh untuk teknik menggunting kainnya, usahakan bisa sekali jalan untuk setiap pola, maksudnya, pada saat menggunting kain felt, jangan terlalu byk mengerem (berhenti) karna nanti hasil guntingannya juga ga halus.

18032009951

Karna ini kegiatan membuat boneka itu adalah kegiatan ketrampilan, jadi semakin sering membuat akan semakin “jago” alias fasihh. Jadi, untuk yang pemula jangan bosen2 yaaa coba teyuuusss….

4 Responses to RAME RAME BUAT BONEKA TEMPEL DARI KAIN FLANEL (FELT) YUUUK……!!! ^_^

  1. LInda says:

    Mba …

    saya boleh tau alamat toko yang jual FELT, untuk ukuran meteran ya ?

    thanks

    • virliana says:

      Dear Linda,

      Kain felt kalau mau cari yang murah ada di pasar pagi… ada di lt basement (selantai dgn tempat yang jual2 souvenir) atau di lt. 5 (selantai dengan yagn jual manik2, pita2, dll) harga 15.000/meter. warna lengkap. btw semakin byk lo beli (ukuran meternya) akan semakin murah. kalau harga per meternya lebih dari 15.000 menurut gw terbilang mahal. kualitas lokal tapi juga bagus kok.

  2. lala says:

    wah rapi banget yah bikinnya, aq belum sempet bikin yang ginian. btw,kain felt jepang bisa dibeli dimana ya? punya yang biasa, tapi kasar banget. tenkyu yah

    • virliana says:

      Dear Lala,
      Kain felt jepang biasanya di jual di toko2 hobi. Gw pernah beli di Diamond Mal Artha gading, adanya di lantai dasar (selantai sama supermarketnya)… biasanya dia bareng ma toko bunga kering/artificial gitu. Dijual perpotongnya 4.700 (uk. kurang lebih 30×30 cm). Sebenernya kain lokal juga udah cukup bagus, gw nemu 1 toko yagn jual lokal kualitas bagus ada di pasar pagi (mangga dua lama) di lantai basement (tempat jual2 souvenir) tapi sori bgt, gw ga pernah apal nama tokonya. SEtau gw, dia satu2nya toko yang jual kain itu, harga kain felt disini 15.000/meter (terakhir gw bli bulan maret akhir). Gak cuma kain felt, dia juga jual busa tipis/busa lapis 10.000/meter dan dakron 25.000/kg. ^_^ met hunting!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: