IBUKU, MAMAH & PAPAH MERTUA KU

olip-mamah-papah

Bo, udah sering denger doooong cerita tentang menantu yang hobinya berantem dan ga bisa akur ama ibu mertuanya?? Wekekekekek, di sinetron kejar tayang, contohnya buanyaaakkk bgt nohhh.… giling….

Buat gw, Alhamdulilaah banget dan amat sangat bersyukur karna sejak pacaran hingga punya satu anak, hubungan gw ma ibu mertua, yaaa bisa dibilang adeeemm ayeeemm ajeee (amiiin mudah2an bisa begini teruuuss). Tapi, bukan berarti tiap hari harmonis selalu, kadang kadang ada aja beda pendapatnya. Kalo kata pribahasanya niiihhh : tidak ada gading yang tak retak. Gak usah sama mertua, sama ibu ndiri ajah kadang sering beda pendapat. Ya gak???

Naaaaahhh berdasarkan kisah-kisah sinetron itulah, kali ini gw mo cerita tentang nyokap gw, mamah & papah mertua gw yang udah amat sangat berjasa bantuin gw mengasuh Alief. Maksudnya, gw mo gambarin betapa nihhh yaaaa lo bakalan bener-bener dapetin MANFAAT YANG BAHKAN GA BISA LO BAYAR/GANTIIN DGN APAPUN kalo kita bisa jaga hubungan baik dengan ortu ndiri, terutama dengan mertua.

Nih, sekilas cerita tentang ibu ku….
Sejak Alif lahir, nyokap gw tinggal dirumah gw kurang lebih hampir 40 hari, nemenin gw karna gw blom punya pembantu (klo lagi dibutuhin pembotek tuuu suse bgt ye dicari). Selama 3 bulan cuti melahirkan, semua kerjaan rumah ya gw yang ngerjain…. mulai dari ngepel, nyapu, cuci piring, cuci baju, dll… Sementara suami gw udah berangkat dari pagi bgt, dan baru pulang malem. Hmmmm… gw ga bayangin klo nyokap gw ga nginep di rumah, siapa coba yang bisa gw mintain tolong untuk nungguin/jagain anak gw???? Beneran capekkk banget loh rasanya semua mua dikerjaan ndiri…. mana bayi baru lahir itu bolak balik nangis minta susu… bahkan kadang baru ditinggal bentar mo makan, anak gw dah nangis lagi. Fyuuuuhhh…!!!! Gw masih inget, pagi-pagi nyokap gw dah jemur Alief bentar diteras rumah, trus langsung mandiin Alief… abis itu gendong Alief kliling rumah sambil nunggu gw selesai ma kerjaan rumah. Nanti, klo ada waktu luang nyokap gw masak buat makan siang + malem (kbetulan jg gw ga bisa masak. Dan sampe sekarang…. kalo suami gw ada dinas, ga bisa pulang beberapa hari, ANDELAN GUE UNTUK JAGAIN ALIEF DI RUMAH YA TETEP NYOKAP GUE walopun dirumah dah ada pembantu

Ngomongin soal mertua,
Wadooooohhh SERIBU SATU YANG MODELNYA KAYAK GINI NIHHH hehehehe….. DEMI ALIEF yaaa, dia rela melepas sementara hobi jalan-jalan ma temen-temen se genk nya. Trus,  beberapa kali absen ikutan pengajian, padahal yaahhh beliau ini terkenal aktiff di kalangan ibu2 perumahan sunter (soriii yaa mahhh yaaa…. jadi ngerepotiin ^___^).
Jadi, ceritanya gini…. mertua gw tuuu orangnya super duper higienisss dahhh, klo lo masuk rumahnya niiiyyy… lantai tuuu liciiiinnn…. rumahnya bersiiiiiihhhh sih sih hehehehe.  Nahhh dia tuuu juga anti bgt ma anak2 kecil yang jorok jorok gitu. Menurut beliau ini, anak bayi itu musti higienis, sehat, bersih dan genduuddd wekekeekek…. makanya, pas tau cuti gw dah mo selesai, dia lsg mengajukan diri untuk bantuin momong Alief SETIAP HARI…. Hebattt gakk tuu…..
Denger mamah ngomong gitu, gw sihh setuju bgt ^___^ gw pikir, selain Alief bakal tambah deket ma eyangnya, keperluan dia juga ga perlu gw kawatirin. Pokoknya, gw percaya 100% ma pengasuhan ala mertua gw. Bayangin ajah, si mamah niiiiyyy menyulap kamar tamunya jadi kamar bayi dadakan hahahahaha…. dia mpe rela bli semua keperluan mandi bayi mulai dari ember ampe toilettries nya, blom lagi baju-baju bayi, diapers, ampe kursi makan untuk bayi juga dia bli ndiri (klo gw kasih, selalu nolak…^___^). Blom lagi, semua keperluan Alief dia sendiri yang pegang, mulai dari buatin susu, cuci botol susunya, steril botol (masih pake cara lama lo, dgn direbus), mandiin, gantiin popok dll….. hhhmmmm saluuuttt bgt aku Mahhhh…..
NANTI KALO AKU PUNYA CUCU, AKU JUGA MO NGELAKUIN HIL YANG SAMA KAYAK MAMAH + NYOKAP AAAHHH, NGASUHHH CUCU…. ^_______^ itung-itung reuni wekekekeek.

olip-papah Papah Mertua gw, dia juga ga ketinggalan deee klo ama Alief, ampuuuuuunnnnnn…. Tiap pulang kantor, yang dicariin dan ditanya pertama kali pasti Alief.
Hobinya, gendong Alief keliling rumahnya, ngajak Alief liat burung kakak tua, kolam ikan, taneman, dll HAHAHAHAHA…. belom-belom Alief dah belajar         Biologi ^_____^. Trusss, every wiken, Akungnya ini pasti telp ke rumah, mo “Pinjem Alief” bentar katanya ^___^

HASILNYAAAAA, SEKARANG ANAK GW DEKET MA SEMUA EYANGNYA DOOOONG…. hehehehe blom lagi makin hari anak gw makin gendut aje, tanda cucok ya Lief ya…. diasuh ma eyang… hehehehe

Naaaaahhh cerita yang gw beberin ttg mertua dan nyokap gw diatas itu baru yang baik baiknya ajah, kenyataannya sih tetep tiap hari ada ajah pendapat nyokap ato mamah mertua yang rasanya kurang sreg di gue… Mulai dari hal hal yang kecil ampe yang gede juga pernah, contoh : mertua gue bilang anak bayi itu jangan dikasih ati ayam, katanya kurang bagus karna jeroan padahaaaalll, ati ayam itu amat sangat bagus buat bayi yang baru mulai makan… Blom lagi, soal mitos mitos yang ga masuk akal kayak anak bayi itu musti di bedong, musti di kasih gurita biar perutnya ga gendut, padahal jelas jelas pihak rumah sakit dah melarang.

Nanggepin hil hil yang kayak gitu, butuh sikap yang dewasa loooo, musti sabar juga, musti pinter cari trik trik khusus supaya perang dunia ke 2 dengan mertua ga meletus tus tus…. wekekekekek….

OLEH KARENA ITULAH ampe hari ini gw sering terheran heran ma orang yang ga bisa akur dan sering berantem ma mertuanya ndiri ampe sengit, sibuk nyela-nyela mertuanya ndiri, pake maki-maki pula…. Padahal, coba klo bisa akur dan rukun-rukun aje ma mertua, wuiiihhh manfoat yang lo dapet byk banget..!!!! Bahkan yang ngerasain bukan cuma kita doang, anak cucu kita juga ikut ngerasain….. INVESTASI JANGKA PANJANG BOOO… coba liat mukenya Alief tuuu, seneng bgt bisa disayang ma eyang-eyangnya heheehhe….

Buat temen gue yang sering curhat soal mertuanya sambil maki-maki plus kluar kata yang ga pantes ampe **sori** kadang gw rada bete dengernya… saran gw, kalo lo mau mertua lo bersikap baik, yaaaaa harus dimulai dari lo ndiri kali yeee… coba deeee hormatin mertua loooo….. gaya ngomong lo yang suka maki-maki itu di kurangi jeng, klo cuma disindir dikit ga usah pake ngamuk balesnya…. TRUUUSSS ATU LAGI DAN PALING PENTING : AMAT SANGAT GA BIJAKSANA KALO LO MALAH MENYULUT ESMOSI SUAMI LO UNTUK IKUT-IKUTAN MEMBENCI IBU NYA SENDIRI…. duuuuhh plis deeee….
Gimana lo bisa nuntut mertua untuk ikut bantuin ngasuh anak lo tiap hari, kalo balesan yang dia dapet cuma maki-maki an doang… Bo, gw percaya bgt ma hukum alam yang satu ini : Kalo lo bersikap baik ma orang, maka orang juga akan bersikap yang sama dgn lo…..

Temen gw yang atu ini juga pernah bilang :
<“DAPET MERTUA YANG BAIK ITU UNTUNG-UNTUNGAN….”
iiiihhhh GW KAGAKK SETUJUUUUUU..!!!!! memang dulu, waktu pacaran ma pasangan lo kemane ajeeeeeee…. Setau gw, dari sifat dan kelakuan calon suami aja kita dah bisa menilai dan dapet gambaran jelas seperti apa pendidikan orang tuanya dirumah….  CINTE KAN GA BUTA-BUTA AMATTT…. YA GAKKK??? **pisss meeenn ^_____^***

olip-ajeee

Buat Alief :
“Deeeeekk, Alieeef  Sayaaaaang, anak mamah tercintaaaa, pesen mamah nihhh ntar klo udah gede jangan suka smack down eyang eyangnyaaa yaaaa Olip yaaaaa wekekeekek… kasiman, Olip kan genduttttt, liat ajah tuhh perutnya buncit, blom lagi betis kakinya, ihhhhh gedeee bgt kayak papah  ^______^ hehehehe.  Tapiiiiiii, klo ntar mo minta jajan mainan, boleh dehhh minta ama Eyang2 yahhhhh……” kikikikikik…..

Leave a Reply

